Categories: Articles

by Bhakti Unggul Teknovasi

Share

Categories: Articles

by Bhakti Unggul Teknovasi

Share

Pengelolaan informasi akademik dalam institusi pendidikan sekarang ini semakin meningkat. Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) hadir sebagai solusi yang dapat menghadirkan transformasi dalam hal administrasi dan manajemen antara pihak akademik dan mahasiswa.

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) merupakan sebuah sistem informasi yang digunakan untuk mengelola kegiatan akademik di perguruan tinggi. SIAKAD ini mulai berkembang di Indonesia pada awal tahun 1990-an seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi.

Ada beberapa hal yang melatarbelakangi perkembangan SIAKAD di Indonesia, antara lain:

  • Tuntutan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan kegiatan akademik di perguruan tinggi
  • Kebutuhan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan kegiatan akademik
  • Kebutuhan untuk memberikan kemudahan akses informasi akademik bagi mahasiswa, dosen, dan staf administrasi

Apa itu SIAKAD?

SIAKAD atau Sistem Informasi Akademik adalah sistem informasi yang terintegrasi dan mencakup berbagai aspek kegiatan akademik, mulai dari penerimaan mahasiswa baru, registrasi, pembelajaran, penilaian, hingga kelulusan. SIAKAD dapat digunakan oleh berbagai pihak yang terlibat dalam kegiatan akademik. Ada 3 bagian yang berkaitan dengan SIAKAD:

  • Mahasiswa. Untuk mengakses informasi akademik, seperti jadwal kuliah, nilai, KRS, Kartu Ujian, dan transkrip nilai.
  • Dosen. Untuk mengelola kegiatan pembelajaran, seperti membuat jadwal kuliah, mengelola nilai, dan memberikan tugas.
  • Staf administrasi. Untuk mengelola data akademik, seperti data mahasiswa, data dosen, dan data mata kuliah.

Pentingnya Menggunakan Sistem Informasi Akademik SIAKAD

Di era digital sekarang ini, penggunaan Sistem Informasi Akademik sangatlah penting. Aplikasi SIAKAD hadir menjadi solusi untuk menghadirkan transformasi dan efisiensi dalam administrasi dan manajemen akademik.

Penggunaan SIAKAD memiliki banyak manfaat bagi perguruan tinggi maupun institusi pendidikan lain, di antaranya:

  • Memudahkan proses manajemen pengelolaan data kegiatan akademik perguruan tinggi
  • Memudahkan pengelolaan data kegiatan penerimaan mahasiswa baru
  • Memudahkan pelaporan data penguruan tinggi PDDIKTI
  • Memudahkan pengelolaan data akreditasi perguruan tinggi
  • Memudahkan menampilkan data grafik kegiatan akademik secara real time
  • Memudahkan pengelolaan administrasi penelitian, publikasi, dan pengabdian masyarakat
  • Memudahkan pengelolaan data SDM perguruan tinggi
  • Meningkatkan fasilitas dan layanan tambahan untuk kebutuhan akademik

Memilih Aplikasi SIAKAD Terbaik

Jangan asal membuat atau memilih aplikasi SIAKAD untuk institusi pendidikan Anda. Jika Anda ingin mencari aplikasi SIAKAD terbaik, pastikan sistem tersebut sudah memiliki layanan dan fitur yang lengkap.

Untuk kebutuhan Sistem Informasi Akademik, kami merekomendasikan EAZY – education smart system.

EAZY merupakan produk SIAKAD yang telah memiliki fitur lengkap dan sudah memenuhi standar akreditasi BAN-PT dan 5 LAM.

Dengan EAZY, proses pengelolaan data perguruan tinggi, pelaporan PDDIKTI, dan data akreditasi bisa dilakukan dengan mudah. Dukungan integrasi cloud, membuat EAZY lebih efisien dalam penggunaannya karena tidak memerlukan server sendiri.

Menariknya lagi, dalam satu aplikasi Anda akan mendapatkan berbagai produk EAZY yang sangat dibutuhkan untuk kebutuhan akademik. Produk-produk itu di antaranya :

  • Eazy Akademik
  • Eazy Penerimaan Mahasiswa Baru
  • Eazy Feeder
  • Eazy Smart Dashboard
  • Eazy Akreditasi
  • Eazy Research
  • Eazy Human Resource
  • Eazy AI Services

Sehingga dengan menggunakan aplikasi SIAKAD online dari EAZY, maka semua kebutuhan akademik sudah bisa ditangani.