Categories: Articles

by Bhakti Unggul Teknovasi

Share

Categories: Articles

by Bhakti Unggul Teknovasi

Share

Untuk urusan pengelolaan aset perusahaan, gunakan aplikasi manajemen aset yang dapat memberikan kemudahan dan efektifitas dalam penggunaannya. Jangan sampai di era digital seperti sekarang ini, Anda masih menggunakan aplikasi excel untuk mengelola aset-aset kantor Anda.

Salahkah menggunakan aplikasi excel? Tentu tidak. Tetapi dalam prakteknya, excel akan memiliki banyak keterbatasan dan kendala. Apalagi jika aset yang dimiliki perusahaan cukup banyak dan kompleks. Penggunaan software Excel tentu memiliki risiko yang cukup besar.

Untuk itulah penggunaan sistem manajemen aset yang lebih profesional dan proper akan sangat membantu.

Kekurangan Software Excel untuk Pencatatan Aset Perusahaan

Bagi yang saat ini masih menggunakan software excel untuk pencatatan aset perusahaan, simak ini supaya paham apa saja kekurangannya.

Microsoft Excel merupakan salah satu perangkat lunak pengolah data yang paling populer di dunia. Excel memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk pencatatan aset perusahaan. Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan Excel untuk pencatatan aset perusahaan.

1. Terjadi Human Error

Kekurangan pertama adalah risiko terjadinya human error. Ketika menggunakan Excel untuk pencatatan aset, semua data harus dimasukkan secara manual. Hal ini dapat menyebabkan kesalahan ketik atau kesalahan input data lainnya. Kesalahan-kesalahan ini dapat berdampak negatif pada pengelolaan aset perusahaan, seperti:

  • Ketidakakuratan data aset
  • Kesulitan dalam pengambilan keputusan
  • Peningkatan biaya operasional

2. Keterbatasan Fitur

Yang kedua adalah keterbatasan fitur. Excel memiliki fitur-fitur yang cukup untuk pencatatan aset sederhana. Namun, untuk pencatatan aset yang kompleks, Excel mungkin tidak memiliki fitur yang dibutuhkan.

Misalnya, Excel tidak memiliki fitur untuk melacak pemeliharaan aset, pelacakan penyusutan aset, role management, manajemen inventaris aset, atau yang lainnya.

3. Tidak Efisien

Ketika menggunakan Excel untuk pencatatan aset, pengguna harus mengelola data aset secara manual. Hal ini dapat memakan waktu dan tenaga, terutama jika perusahaan memiliki banyak aset.

Apalagi jika datanya berada di local storage, kalau mau akses dari jarak jauh tentu tidak bisa. Meskipun datanya di simpan di cloud, tentu juga kurang efisien karena harus memiliki software excel yang sama.

4. Keamanan

Yang terakhir adalah masalah keamanan. Excel tidak memiliki fitur keamanan yang memadai untuk melindungi data aset perusahaan. Hal ini dapat menyebabkan data aset bocor atau dicuri.

Parahnya lagi ketika komputer yang digunakan ternyata mengalami masalah, alhasil data excel tidak bisa diakses.

 

Alternatif Pencatat Aset Terbaik

Untuk mengatasi kekurangan-kekurangan tersebut, perusahaan dapat menggunakan aplikasi manajemen aset. Aplikasi manajemen aset dirancang khusus untuk mengelola aset perusahaan. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang lengkap dan canggih untuk membantu perusahaan mengelola asetnya secara lebih efektif dan efisien.

Berikut adalah beberapa keunggulan menggunakan aplikasi manajemen aset dibandingkan dengan Excel untuk pencatatan aset perusahaan:

  • Keamanan yang lebih baik
  • Fitur yang lebih lengkap
  • Kemudahan penggunaan
  • Efisiensi yang lebih tinggi

Jika perusahaan Anda ingin mengelola asetnya secara lebih efektif dan efisien, maka aplikasi manajemen aset merupakan pilihan yang lebih baik daripada Excel.

Salah satu aplikasi manajemen aset terbaik adalah SISCA.

 

SISCA. Aplikasi Manajemen Aset dengan Fitur Lengkap

SISCA adalah software pengelolaan aset karya dari PT. Bhakti Unggul Teknovasi yang memiliki berbagai keunggulan dan menjawab permasalahan manajemen aset yang saat ini masih dikelola secara manual.

Aplikasi ini menawarkan kemudahan dan tentunya sudah terintegrasi dengan teknologi yang modern.

Beberapa diantaranya adalah penggunaan database aset yang tersentral, data ditempatkan di cloud, RFID Tag, QR Code dan lain-lain.

Tentu jika dibandingkan dengan aplikasi Excel yang semuanya serba manual jauh berbeda. Dan ini akan lebih efektif.

Fitur aplikasi SISCA: Dashboard, Detail Aset, History, QR Core, RFID Tag, Depresiasi, Info Pemeliharaan, Export/Import Data, Mobile App, User Management, Log Aset, Transfer Aset, Reporting, Tracking, Grouping.

Tertarik menggunakan aplikasi manajemen aset ini? Anda bisa request DEMO nya sekarang.