Categories: News

by Bhakti Unggul Teknovasi

Share

Categories: News

by Bhakti Unggul Teknovasi

Share

PT Bhakti Unggul Teknovasi (BUT) Berpartisipasi Dalam Seminar Dan Sosialisasi Komersialisasi Hasil Riset Di Telkom University

Pada Rabu, 13 September 2023, PT Bhakti Unggul Teknovasi (BUT) turut berpartisipasi dalam acara Seminar dan Sosialisasi Komersialisasi Hasil Riset Berbentuk Kekayaan Intelektual yang diselenggarakan di Ruang Multimedia lantai 2, Gedung Bangkit (Rektorat) Telkom University. Acara yang dimulai pukul 08.00 hingga pukul 14.00 ini merupakan upaya untuk sosialisasi dan mengintegrasikan hasil riset kampus ke dalam sektor industri.

Acara diawali dengan registrasi dan pengambilan nomor undian untuk doorprize. Pembukaan acara dipandu oleh MC, diikuti dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Telkom University. Welcoming speech kemudian disampaikan oleh Prof. Dr. Adiwijaya, S.Si., M.Si., selaku rektor Telkom University, dan Dr. Ir. Rina Puji Astuti, M.T., selaku Wakil Rektor IV Telkom University.

Salah satu momen penting dalam acara ini adalah penandatanganan perjanjian lisensi antara Telkom University dengan mitra industri. Bandung Techno Park juga turut serta dalam penandatanganan perjanjian lisensi ini, diwakili oleh Dr. Koredianto Usman, S.T., M.Sc., selaku direktur Bandung Techno Park (BTP), serta PT BUT yang diwakili oleh Eko Rahayu, S.T., M.T., selaku manajer Kantor Alih Teknologi (KAT) PT BUT. Penandatanganan perjanjian lisensi dilakukan secara on site dengan aplikasi Wave Forecasting System (WFS), iGracias, Traino, dan EAZY. Selain itu, penandatanganan perjanjian lisensi juga dilakukan secara online melalui aplikasi EAZY Poltesa, Telurator, dan Telufhoenix.

Acara dilanjutkan dengan pemutaran video profil Hak Kekayaan Intelektual Bandung Techno Park (BTP) Telkom University, dan dilanjutkan dengan sesi moderasi yang dipimpin oleh Heppy Millanyani, S.Sos.,M.M.,Ph.D., selaku manajer marketing Bandung Techno Park (BTP). Sesi ini juga meliputi penyampaian laporan kegiatan dan pembukaan sesi sosialisasi & diskusi panel oleh para panelis, antara lain Dr. Koredianto Usman, S.T., M.Sc., Dr. Didit Aditya, S.SI., M.Si., Eko Rahayu, S.T., M.T., dan Dr. Runik Machfiroh, S.PD., M.PD.

Tak lupa, acara juga menghadirkan sesi sosialisasi Pedoman Pengelolaan, Pemanfaatan, dan Komersialiasi Kekayaan Intelektual (KI) di Lingkungan Universitas Telkom yang dipandu oleh Dr. Koredianto Usman, S.T., M.Sc. Selain itu, acara ini juga melibatkan diskusi panel dan sesi tanya jawab. Acara kemudian memasuki tahap puncak dengan peluncuran aplikasi Industrial Licensing MyBTP Tel- U.

Tak lupa, dalam acara ini juga diadakan penyerahan piagam penghargaan HKI untuk 3 kategori, yakni Fakultas/Direktorat yang meliputi perolehan paten terbanyak, hak cipta terbanyak, desain industri terbanyak, merek terbanyak, dan industrial licensing (IL) terbanyak. Diselingi dengan pemberian doorprize dan awarding penanya terbaik kepada 6 orang, acara ditutup dengan foto bersama dan makan siang bersama. Acara ini menjadi salah satu upaya untuk mengintegrasikan hasil riset ke dalam sektor industri dan mendorong kemajuan di bidang kekayaan intelektual.