Categories: Articles

by Bhakti Unggul Teknovasi

Share

Categories: Articles

by Bhakti Unggul Teknovasi

Share

Di era digital sekarang ini, metode pendidikan telah mengalami evolusi yang cukup signifikan. Salah satunya adalah penggunaan Learning Management System  atau LMS yang telah menjadi elemen penting dalam pembelajaran jarak jauh yang sangat memudahkan pengguna dalam berbagai bidang.

Jika dulu pembelajaran hanya bisa dilakukan secara tatap muka dan membutuhkan biaya yang cukup mahal, maka sekarang ini bisa dilakukan dengan software e-learning yang memiliki banyak sekali fitur dan keunggulan.

Apa itu LMS?

LMS atau Learning Management System adalah sebuah platform software digital yang dirancang khusus untuk mendukung proses pembelajaran, penyediaan konten pembelajaran, serta pelacakan dan penilaian kinerja peserta didik dalam suatu institusi atau organisasi. Learning Management System merupakan gabungan antara teknologi dan metode pengajaran dalam rangka menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, fleksibel, dan efisien.

LMS adalah solusi yang sempurna bagi institusi pendidikan, perusahaan, dan organisasi yang ingin menyediakan akses pembelajaran online kepada siswa atau karyawan mereka, tanpa harus menggunakan pembelajaran tatap muka yang kurang efektif untuk beberapa kondisi.

Contoh kasus: Misalnya saja sebuah perusahaan nasional yang memiliki berbagai kantor cabang di seluruh Indonesia. Ketika pihak manajemen pusat ingin memberikan pelatihan ke para karyawan yang ada di seluruh kantor cabang, maka penggunaan LMS akan sangat membantu sekali.

Pihak manajemen perusahaan akan bisa menghemat budget karena tidak perlu melakukan pelatihan langsung ke masing-masing kantor cabang, atau sebaliknya. Cukup melalui sebuah sistem pembelajaran online maka mereka bisa melakukannya bisa menghemat waktu dan biaya.

Manfaat Learning Management System (LMS) untuk Bisnis

Learning Management System tidak hanya bermanfaat dalam dunia pendidikan, tetapi juga memberikan banyak manfaat dalam konteks bisnis.

Berikut adalah beberapa manfaat LMS dalam dunia bisnis :

  • Efisiensi Pelatihan Karyawan. LMS memungkinkan perusahaan untuk memberikan pelatihan kepada karyawan dengan lebih efisien. Materi pelatihan dapat diakses secara online, memungkinkan karyawan untuk belajar sesuai dengan jadwal mereka sendiri.
  • Konsistensi Pelatihan. Dengan LMS, perusahaan dapat memastikan bahwa setiap karyawan menerima pelatihan yang konsisten. Ini penting terutama dalam bisnis dengan banyak cabang atau divisi.
  • Pemantauan Kinerja Karyawan. Melalui LMS, manajer dapat melacak kinerja karyawan dalam pelatihan. Mereka dapat melihat sejauh mana karyawan telah menyelesaikan kursus dan memahami materi.
  • Pelatihan yang Dipersonalisasi. Perusahaan untuk menyediakan pelatihan yang dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan dan tingkat kemampuan karyawan. Ini memastikan pelatihan yang lebih efektif. Misalnya dari Pre Test kemudian naik menjadi Post Test.
  • Pelatihan yang Interaktif. Selain berupa passive course, pengguna juga bisa melakukan pelatihan secara interaktif melalui Virtual Class, Live Streaming, dan fitur forum atau chat yang bisa memudahkan berkomunikasi antar pengguna.
  • Penghematan Biaya Pelatihan. Mengadakan pelatihan fisik dapat mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Tetapi menggunakan LMS mengurangi biaya perjalanan, akomodasi, dan bahan pelatihan fisik.
  • Pelacakan dan Evaluasi Kinerja. Perusahaan dapat menggunakan LMS untuk melacak kinerja karyawan setelah pelatihan selesai. Ini membantu dalam mengevaluasi efektivitas pelatihan.
  • Fleksibilitas dan Pembelajaran Jarak Jauh. LMS memungkinkan karyawan untuk belajar dari mana saja, bahkan jika mereka tidak berada di kantor. Ini mendukung pembelajaran jarak jauh.
  • Keamanan Data. LMS dilengkapi dengan keamanan data yang kuat untuk melindungi informasi bisnis dan data karyawan.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif sekarang ini, penggunaan LMS dapat memberikan keunggulan dalam mengembangkan sumber daya manusia dan meningkatkan produktivitas. Dengan berinvestasi dalam LMS yang tepat, perusahaan dapat mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan memastikan karyawan mereka selalu terampil dan terinformasi.

Tips Memilih Learning Management System (LMS) Terbaik

Ketika organisasi Anda membutuhkan LMS, jangan asal memilih layanan LMS yang sudah ada. Jika Anda cari di Google, salah satu LMS populer adalah LMS Moodle.

Moodle merupakan platform LMS yang berlisensi open source dan bisa didapatkan secara gratis. Akan tetapi pengguna harus paham teknis penggunaannya dulu, mulai dari cara instalasinya, penambahan plugin, maintenance, dan lain sebagainya.

Jadi, meskipun gratis, memang butuh penyesuaian dan kustomisasi lebih dalam sebelum digunakan.

Untuk itu sebelum memilih LMS, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Tentukan Tujuan dan Kebutuhan

Langkah pertama dalam memilih LMS adalah memahami dengan jelas tujuan dan kebutuhan Anda. Apakah Anda ingin menggunakan LMS untuk pendidikan, pelatihan karyawan, atau tujuan lainnya? Apa jenis materi pembelajaran yang akan Anda sediakan? Fitur apa saja yang ingin disediakan di LMS?

Menentukan tujuan dan kebutuhan Anda akan membantu Anda mempersempit pilihan LMS yang sesuai.

2. Evaluasi Fitur yang Dibutuhkan

Setiap LMS memiliki beragam fitur dan fungsionalitas. Anda perlu mempertimbangkan fitur apa yang paling penting untuk Anda. Beberapa fitur umum yang perlu dievaluasi meliputi manajemen konten, pelacakan atau progres, alat kolaborasi, pelaporan, dan dukungan fitur interaktif.

Pastikan LMS yang Anda pilih memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Tinjau Ketersediaan Konten

Jika Anda perlu mengakses konten pembelajaran yang sudah ada, pastikan LMS dapat mengintegrasikan konten tersebut. Atau misalnya ingin LMS yang bisa berbagi file antar pengguna dengan sumber daya eksternal. Pastikan LMS dapat mengakomodasi konten yang diinginkan.

4. Dukungan Teknis dan Pelatihan

Pastikan LMS yang Anda pilih menyediakan dukungan teknis yang memadai. Anda mungkin mengalami masalah teknis atau memerlukan bantuan dalam mengoperasikan LMS. Selain itu, periksalah apakah ada pelatihan yang disediakan untuk membantu pengguna memahami cara menggunakan LMS.

5. Uji Coba LMS

Terakhir, sebelum Anda membuat keputusan akhir, lakukan uji coba LMS. Ini akan membantu Anda mendapatkan gambaran langsung tentang bagaimana LMS berfungsi dan apakah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa layanan Learning Management System sudah ada yang memberikan fitur Demo produk, Anda bisa memanfaatkan itu.

Layanan Penyedia LMS Moodle

Moodle merupakan platform LMS gratis yang bisa digunakan semua orang. Tetapi meskipun gratis, banyak skill khusus untuk bisa menjalankan LMS Moodle. Bagi yang tidak terbiasa pasti akan merasa kesulitan, apalagi jika sudah berhubungan dengan masalah teknis website.

Sehingga penggunaan Moodle justru akan membuang banyak waktu dan tenaga. Apalagi jika ada kendala teknis, Moodle hanya memberikan dukungan berupa forum diskusi antar pengguna. Tentu ini kurang efektif jika Anda membutuhkan Moodle untuk kebutuhan yang profesional.

Untuk itu sebaiknya menggunakan jasa layanan LMS yang memang sudah disiapkan sedemikian rupa dan siap pakai tanpa harus repot mengurusi masalah teknis.

Alternatif yang bisa digunakan adalah layanan LMS Studia.

Studia merupakan perusahaan penyedia layanan Learning Management System berbasis Moodle yang sudah berpengalaman lebih dari 8 tahun,  memiliki berbagai fitur yang bisa di-custom pengguna.

Terdapat 5 Fitur Utama yang membuat Studia menjadi LMS Terbaik dengan biaya yang murah. Apa saja fiturnya?

1.    Passive Cource

Di fitur ini terdapat beberapa sub fitur seperti : Pre Test, Post Test, Evaluation, Video On Demand, Upload/Download Materi

2.    Interactive Cource

Di fitur ini terdapat beberapa sub fitur seperti : Virtual Class, Live Streaming, Participant

3.    Forum & Channel

Di fitur ini terdapat beberapa sub fitur seperti : Group Discussion, Message, Chat

4.    File Sharing

Di fitur ini terdapat beberapa sub fitur seperti : Video, File, Audio

5.    Report/Analytics

Di fitur ini terdapat beberapa sub fitur Progress untuk memantau proses pembelajaran.

Dengan adanya fitur-fitur di atas, Studia bisa menjadi pilihan mitra penyedia LMS terbaik di era sekarang ini. Anda tidak perlu mempermasalahkan masalah teknis, karena semuanya telah disediakan. Anda pun bisa Request Demo untuk melihat sistem kerja LMS ini.